Sabtu, 26 Januari 2013

Fungsi Manajemen Menurut James A.F. Stoner

Fungsi Manajemen Menurut James A.F. Stoner


Karena manajemen itu adalah sebuah seni sekaligus adalah ilmu, maka manajemen memiliki fungsi.  Sama nasibnya seperti definisi manajemen, fungsi dari manajemen pun sangat banyak pendapat dari para ahli. Dan kali ini saya akan mengulas fungsi manajemen yang tercantum dalam buku "Manajemen" dari James A.F. Stoner Jilid 1 terbitan bahasa Indonesia yang saya miliki. (Lihat foto).

Dari definisi manajemen yang dipaparkan Stoner, dapat kita lihat langsung apa saja yang menjadi fungsi dari manajemen. Stoner mengatakan bahwa "Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan". Sekarang jelas bahwa fungsi manajemen menurut Stoner ada empat yaitu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian.

Kemudian Stoner merumuskan keempat fungsi manajemen itu sebagai berikut:
  1. Perencanaan (planning) menunjukan bahwa para manajer memikirkan tujuan dan kegiatannya sebelum melaksanakannya. Kegiatan mereka biasanya berdasar suatu cara, rencana, atau logika, bukan asal tebak saja.
  2. Pengorganisasian (organization) berarti para manajer itu mengkoordinir sumber daya manusia dan sumber daya bahan yang dimiliki organisasi. Sejauh mana efektifnya suatu organisasi tergantung pada kemampuannya untuk mengerahkan sumber daya yang ada dalam mencapai tujuannya. Tentu saja, dengan makin terpadu dan makin terarahnya pekerjaan akan menghasilkan makin efektifnya organisasi. Mendapatkan koordinasi yang sedemikian itu adalah salah satu tugas manajer.
  3. Memimpin (to lead) menunjukan bagaimana para manajer mengarahkan dan mempengaruhi bawahannya, menggunakan orang lain untuk melaksanakan tugas tertentu, Dengan menciptakan suasana tepat, mereka membantu bawahannya bekerja sebaik mungkin.
  4. Pengendalian (controlling) berarti para manajer berusaha untuk meyakinkan bahwa organisasi bergerak dalam arah tujuan. Apabila salah satu bagian dari organisasi menuju arah yang salah, para manajer berusaha untuk mencari sebabnya dan kemudian mengarahkannya kembali ke tujuan yang benar.
Demikianlah fungsi manajemen menurut James A.F. Stoner yang saya ambil langsung dari bukunya. Beberapa catatan penting juga harus diperhatikan yaitu fungsi manajemen para ahli selalu berdasar pada apa definisi manajemen menurut ahli tersebut.



James A.F. Stoner's Management Function


Because management is an art as well as the science, management has a function. Same fate as the definition of management, functions of management is very much the opinion of the experts. And this time I will review the management functions listed in the book "Management" from James AF Stoner Indonesian Volume 1 issue I have. (See photo).

From the definition of management presented Stoner, we can see directly what is the function of management. Stoner said that "Management is the process of planning, organizing, leadership, and control efforts using all members of the organization and the organization's resources to achieve its intended purpose." It is now clear that the function of management according to Stoner, there are four: planning, organizing, leadership and control.

Stoner then formulate the four functions of management as follows:

  1. Planning (planning) suggests that managers consider the purpose and activities prior to implementation. Their activities are usually based on a method, plan or logic, not merely guess.
  2. Organizing (organization) means the managers coordinate human resources and material resources of the organization. The extent to which an organization's effectiveness depends on its ability to deploy existing resources to achieve its goals. Of course, with a more integrated and more terarahnya work will result in more effective organization. Getting Such coordination is one of the task manager.
  3. Lead (to lead) shows how managers direct and influence their subordinates, use others to perform specific tasks, with creating the right atmosphere, they help their subordinates to work as possible.
  4. Control (controlling) means that managers attempt to ensure that the organization is moving in the direction of the goal. When one part of the organization headed in the wrong direction, as managers try to find why and then pointed it back to the correct destination.

Such management functions by James A.F. Stoner which I took directly from his book. Some important notes should also be noted that the functions of management experts always based on what the definition of management according to experts.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar